Senin, 02 September 2013

Dasar Dasar Marketing

Yang dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan  SPG (Sales Promotion Girl) sebutan bagi kaum wanita, sedangkan untuk sebutan bagi kaum pria adalah SPB (Sales Promotion Boy) yang bertuga sebagai penjual yang menawarkan produk yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Marketing lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses sales.

Dalam strategi marketing, terdapat 7P, yang terdiri dari :
§  Product (produk),  
§  Price (harga),  
§  Place (tempat),  
§  Promotion (promosi),  
§  Process (proses),
§  People (orang), 
§  Physical evidence (bukti fisik).

Dan ada juga 4p yang harus di waspadai, terdiri dari :
§  Pemko
§  Pajak
§  Preman
§  dan Polisi, hehehehe pissss,

            Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan karena strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :

Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.

Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
§  Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
§  Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran :
Ø   Dari sudut pandang penjual :
§  Tempat yang strategis (place),
§  Produk yang bermutu (product),
§  Harga yang kompetitif (price), dan
§  Promosi yang gencar (promotion).
Ø   Dari sudut pandang konsumen :
§  Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
§  Biaya konsumen (cost to the customer),
§  Kenyamanan (convenience), dan
§  Komunikasi (comunication).

Adapun Prinsip –prinsip dasar pemasaran sebagai berikut:
§  Konsep Pemasaran
§  Orientasi konsumen
§  Pemuasaan kebutuhan dan keinginan konsumnen
§  Nilai dan Proses Pertukaran
§  Segmentasi Pasar
§  Siklus kehidupan produk
§  Bauran Pemasaran

Dan Konsep Penerapan Pemasaran sebagai berikut :
§  Konsep Produk
§  Konsep Produksi / Operation
§  Konsep Penjualan
§  Konsep Pemasaran
§  Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial
§  Konsep Customer

Adapun dasar-dasar yang harus dimiliki oleh seorang marketing yaitu:
1.      Mempunyai kepercayaan diri yg kuat.
2.      Mempunyai kemauan yang keras.
3.      Mental yang kuat,Berani dan tidak pernah putus asa.

Di sini saya akan mencoba menjelaskan secara ringkas satu persatu apa itu yang di maksud dengan mempunyai Kepercayaan diri yang kuat,Mental yang kuat,mempunyai kemauan yg keras,Berani dan tidak pernah putus asa.


Yang PERTAMA : Maksud dari Mempunyai kepercayaan diri yg kuat di sini adalah bahwa seorang penjual harus mampu membuang rasa malu dan berani menggenggam prinsip jika berhadapan dengan customer karena pada dasarnya jika kita berhadapan dengan seorang atau beberapa customer, kita tidak seubahnya  seperti seorang guru yg memberi penjelasan kepada muridnya. jadi belajarlah untuk menjadi seorang pembicara yang baik agar apa yang kita sampaikan asyik di dengar dan mudah di mengerti dengan begitu customer akan tertarik dengan apa yang kita tawarkan.


Yang KEDUA : Mempunyai kemauan yang keras, di sini seorang marketing sengaja di tuntut untuk memilikinya karena pada dasarnya sifat ini sangat sedikit di punyai oleh seorang marketing itu sendiri,karena ini adalah sifat dasar yang di miliki dari jiwa seseorang dan terkadang tidak mudah untuk mengangkatnya. jadi apabila seorang marketing memiliki kemauan yang keras maka apa yang ditujukan akan secepatnya di dapat dan targetpun akan di capai secara maximal.


Dan yang terakhir yang KETIGA :  Mental yang kuat,Berani dan tidak pernah putus asa adalah sesuatu yang harus kita perkuat karena pada dasarnya ini adalah menjadi sebuah tantangan yang akan sering kita hadapi di lapangan yaitu pada umumnya sering terjadi penolakan-penolakan yang akan di lakukan oleh customer kita, jadi di sini kita harus berani mempersiapkan diri untuk siap menghadapinya dan jangan pernah takut dan merasa gagal karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar