Yang dimaksud dengan marketing
adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan
mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan SPG (Sales Promotion Girl) sebutan bagi kaum wanita, sedangkan untuk sebutan bagi kaum pria adalah SPB (Sales
Promotion Boy) yang bertuga sebagai penjual yang menawarkan produk yang dimiliki
oleh sebuah
perusahaan.
Marketing lebih panjang dan lebih
kompleks jika dibandingkan dengan proses sales.
Dalam
strategi marketing, terdapat 7P, yang terdiri dari :
§ Product (produk),
§ Price (harga),
§ Place (tempat),
§ Promotion (promosi),
§ Process (proses),
§ People (orang),
§ Physical evidence (bukti
fisik).
Dan ada juga 4p yang harus di waspadai, terdiri dari :
§ Pemko
§ Pajak
§ Preman
§ dan Polisi,
hehehehe pissss,
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan karena strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.
Strategi pemasaran
merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran
merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga
didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar
yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai
tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan
adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi
kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap
pendapatan masyarakat. Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu
yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan
dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Berdasarkan
definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan
oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
Konsumen potensial
mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat
menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
Perusahaan dapat
menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran.
Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan
mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi
kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara
cepat.
Mengenal dan memahami
konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual
dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan
pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi
pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
§ Faktor
mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
§ Faktor
makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan
sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
pemasaran :
Ø Dari sudut pandang penjual :
§ Tempat
yang strategis (place),
§ Produk
yang bermutu (product),
§ Harga
yang kompetitif (price), dan
§ Promosi
yang gencar (promotion).
Ø Dari sudut pandang konsumen :
§ Kebutuhan
dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
§ Biaya
konsumen (cost to the customer),
§ Kenyamanan
(convenience), dan
§ Komunikasi
(comunication).
Adapun Prinsip –prinsip dasar pemasaran sebagai berikut:
§ Konsep
Pemasaran
§ Orientasi
konsumen
§ Pemuasaan
kebutuhan dan keinginan konsumnen
§ Nilai dan
Proses Pertukaran
§ Segmentasi
Pasar
§ Siklus
kehidupan produk
§ Bauran
Pemasaran
Dan Konsep Penerapan Pemasaran sebagai berikut :
§ Konsep
Produk
§ Konsep
Produksi / Operation
§ Konsep
Penjualan
§ Konsep
Pemasaran
§ Konsep
Pemasaran Berwawasan Sosial
§ Konsep
Customer
Adapun dasar-dasar yang harus dimiliki oleh seorang marketing yaitu:
1.
Mempunyai kepercayaan diri yg kuat.
2.
Mempunyai kemauan yang keras.
3.
Mental yang kuat,Berani dan tidak pernah putus asa.
Di sini saya akan mencoba
menjelaskan secara ringkas satu persatu apa itu yang di maksud dengan mempunyai
Kepercayaan diri yang kuat,Mental yang kuat,mempunyai kemauan yg keras,Berani
dan tidak pernah putus asa.
Yang PERTAMA : Maksud dari
Mempunyai kepercayaan diri yg kuat di sini adalah bahwa seorang penjual harus
mampu membuang rasa malu dan berani menggenggam prinsip jika berhadapan dengan
customer karena pada dasarnya jika kita berhadapan dengan seorang atau beberapa
customer, kita tidak seubahnya seperti seorang guru yg memberi penjelasan
kepada muridnya. jadi belajarlah untuk menjadi seorang pembicara yang baik agar
apa yang kita sampaikan asyik di dengar dan mudah di mengerti dengan begitu
customer akan tertarik dengan apa yang kita tawarkan.
Yang KEDUA : Mempunyai
kemauan yang keras, di sini seorang marketing sengaja di tuntut untuk
memilikinya karena pada dasarnya sifat ini sangat sedikit di punyai oleh
seorang marketing itu sendiri,karena ini adalah sifat dasar yang di miliki dari
jiwa seseorang dan terkadang tidak mudah untuk mengangkatnya. jadi apabila
seorang marketing memiliki kemauan yang keras maka apa yang ditujukan akan secepatnya
di dapat dan targetpun akan di capai secara maximal.
Dan yang terakhir yang KETIGA
: Mental yang kuat,Berani dan tidak pernah putus asa adalah sesuatu yang
harus kita perkuat karena pada dasarnya ini adalah menjadi sebuah tantangan
yang akan sering kita hadapi di lapangan yaitu pada umumnya sering terjadi
penolakan-penolakan yang akan di lakukan oleh customer kita, jadi di sini kita
harus berani mempersiapkan diri untuk siap menghadapinya dan jangan pernah
takut dan merasa gagal karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar